Strategi dan Teknik pemasaran

Hallo gaess… J

Kembali lagi nih ges di blog gw, blog kewirausahaan yang ditujukkan untuk memenuhi tugas perkuliahan kwh. Kali ini gw akan membahas tentang apa itu Pemasaran atau sering disebut Marketing? Dan bagaimana teknik strategi dari Pemasaran?. Sebelum saya membahas bagaimanateknik strategi dari Pemasaran, saya akan membahas tentang pengertian, tujuan dan manfaat dari Pemasaran.

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus). Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni:

1.      Pembelian, memberi barang yang akan kita jual kembali.

2.      Penyimpanan (penggudangkan).

3.      Sortir dan pengemasan

4.      Penjualan.

UHO Manajemen '10: Tujuan utama kegiatan Pemasaran
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut.

1.      Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan.

2.      Memilih pasar sasaran khusus (spesial target market). Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu sebagai berikut.

a.       Pasar individual (individual market).

b.      Relung pasar (niche market).

c.       Segmentasi pasar (market segmentation).

3.      Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan

Ada 6 strategi untuk memenuhi permintaan dan lingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut.

a.       Orintasi pada pelanggan (customer orientation).

b.      Kualitas (quality), ialah mengutamakan TQM (Total Quality Management) yaitu efektif, efisien dan tepat.

c.       Kesenangan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan, dan kenikmatan.

d.      Inovasi (inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun proses.

e.       Kecepatan (speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:

1)      Kecepatan untuk menempatkan produk baru dipasar

2)      Memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)

3)      Pelayanan dan kepuasan pelanggan

4.      Pemelihan strategi pemasaran

Strategi pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.

Adapun strategi dalam pemasaran, yaitu sebagai berikut.

1.      Penelitian dan pengembangan pasar (probe)

Keunggulan bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferinsiasi) perusahaan tersebut dengan pesaingnya dalam hal:

a.       Kualitas yang lebih baik

b.      Harga yang lebih murah dan bisa ditawar

c.       Lokasi yang lebih cocok, lebih dekat, lebih cepat

d.      Seleksi barang dan jasa yang lebih menarik

e.       Pelayanan yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen

f.       Kecepatan, naik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang

Bagi usaha baru sangat cocok untuk menerapkan strategi “market driven" berdasarkan enam pondasi:

a.       Orientasi konsumen

b.      Kualitas

c.       Kenyamanan dan kesenangan

d.      Inovasi

e.       Kecepatan

f.       Pelayanan, dan

g.      Kepuasan pelanggan

2.      Produk (product)

a.       Tahap pengembangan

Aturan-aturan yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan produk, yaitu sebagai berikut ini.

1)      Simplicity (sederhana)

Mudah dikenal dan digunakan oleh konsumen, seperti alat-alat otomatis.

2)      Integrity (integritas)

Desain produk harus baik dari sejak awal sampai akhir pakai.

3)      Human focus (fokuskan pada orangnya)

Memperhatikan peranan kompletementer pemakai akhir untuk mendesain integritas.

4)      Sinergy (berdaya juang)

Desain produk yang baik memerlukan kombinasi antara pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan dari suatu team professional.

5)      Creativity (kreativitas)

Keberhasilan produk sangat bergantung pada keahlian kreatif dari banyak orang.

6)      Risk (risiko)

b.      Tahap pengenalan

Pada tahap ini produk baru diperkenalkan kepada konsumen potensiai. Untuk memperkenalkan produk baru ini, promosi dan periklanan harus Iebih gencar agar produk ini dikenal oleh konsumen terutama konsumen potensial.

c.       Tahap pertumbuhan penjualan

Jika barang baru ini gagai menembus konsumen pada tahap perkenalan dan pertumbuhan, barang tidak akan Iaku terjual.

d.      Tahap kematangan

Volume penjualan terus meningkat dan profit margin mencapai puncaknya, tetapi kemudian menurun karena masuknya pesaing baru ke pasar.

e.       Tahap kejenuhan

Pada tahap ini penjualan mencapai puncaknya dan konsumen mulaijenuh terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, pada tahap ini inilah inovasi produk harus dimulai.

f.       Tahap penurunan

Tahap ini merupakan Iingkaran akhir daur hidup produk. Hasil penjualan produk secara terus menerus mulai menurun, produk-produk Iama mulai diobral dan cuci gudang, otomatis profit margin juga turun drastis.

3.      Tempat (place)

Tempat yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan dan efisien, dengan jalan:

a.       Perbanyak saluran distribusi

b.      Tata letak usahanya, misal tata etalase dan posisinya

c.       Gunakan cara penyampaiannya barang seefisiensi mungkin

d.      Mengubah-ubah persediaan dari gudang yang satu ke gudang / tempat yang lain.

4.      Harga (price)

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan harga yang menarik bagi konsumen, yaitu sebagai berikut.

a.       Menentukan harga dasar dan harga jual barang yang berbeda-beda.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga, yaitu

1)      Biaya penjualan dan biaya barang

2)      Harga yang dimiliki pesaing

3)      Elastisitas permintaan barang

b.      Memberikan potongan harga yang bervariasi, misalnya:

1)      Potongan penjualan tunai

2)      Potongan penjualan dengan pembelian tunai

3)      System diskon / hadiah

c.       Memberikan keringanan waktu pembayaran, dengan 3 cara:

1)      Pembayaran di muka

2)      Pembayaran di belakang

3)      Pembayaran kredit / dicicil

5.      Strategi pemasaran: Bagi usaha baru

·         Penetrasi pasar adalah strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang-barang dan jasa-jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha-usaha penjualan dan penjualan.

·         Strategi pengembangan pasar

Mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa  yang ada pada pasar baru.

·         Strategi pengembangan produk

Mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk dan jasa baru pada pasar yang sudah ada.

·         Segmentasi pasar

Merupakan strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

Bussiness Model Canvas (BMC)

Marketing Insight - Apa dan Bagaimana