Strategi dan Teknik pemasaran
Hallo gaess… J
Kembali lagi nih
ges di blog gw, blog kewirausahaan yang ditujukkan untuk memenuhi tugas
perkuliahan kwh. Kali ini gw akan membahas tentang apa itu Pemasaran atau
sering disebut Marketing? Dan bagaimana teknik strategi dari Pemasaran?. Sebelum
saya membahas bagaimanateknik strategi dari Pemasaran, saya akan membahas
tentang pengertian, tujuan dan manfaat dari Pemasaran.
Pemasaran adalah
kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang
dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan
tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen
(promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran
adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan
dibeli oleh konsumen. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi
langganan (costum value), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan
focus pemasaran (focus). Beberapa kegiatan dalam lingkup pemasaran, yakni:
1. Pembelian,
memberi barang yang akan kita jual kembali.
2. Penyimpanan
(penggudangkan).
3. Sortir
dan pengemasan
4. Penjualan.
Beberapa langkah
dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu sebagai berikut.
1. Penentuan
kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar harus diarahkan dan dibutuhkan
konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang membutuhkan,
dan kapan mereka membutuhkan.
2. Memilih
pasar sasaran khusus (spesial target market). Ada tiga jenis pasar sasaran
khusus, yaitu sebagai berikut.
a. Pasar
individual (individual market).
b. Relung
pasar (niche market).
c. Segmentasi
pasar (market segmentation).
3. Menempatkan
strategi pemasaran dalam persaingan
Ada
6 strategi untuk memenuhi permintaan dan lingkungan yang bersaing yaitu sebagai
berikut.
a. Orintasi
pada pelanggan (customer orientation).
b. Kualitas
(quality), ialah mengutamakan TQM (Total Quality Management) yaitu efektif,
efisien dan tepat.
c. Kesenangan
(convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup kenyamanan,
dan kenikmatan.
d. Inovasi
(inovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, maupun
proses.
e. Kecepatan
(speed), atau Time Compression Management (TCM), yang diwujud dalam bentuk:
1) Kecepatan
untuk menempatkan produk baru dipasar
2) Memperpendek
waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (Customer Response Time)
3) Pelayanan
dan kepuasan pelanggan
4. Pemelihan
strategi pemasaran
Strategi
pemasaran adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian
penelitian pasar sebelumnya dalam hasil pengujian dan penelitian pasar
sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.
Adapun
strategi dalam pemasaran, yaitu sebagai berikut.
1. Penelitian
dan pengembangan pasar (probe)
Keunggulan
bersaing perusahaan baru terletak pada perbedaan (diferinsiasi) perusahaan
tersebut dengan pesaingnya dalam hal:
a. Kualitas
yang lebih baik
b. Harga
yang lebih murah dan bisa ditawar
c. Lokasi
yang lebih cocok, lebih dekat, lebih cepat
d. Seleksi
barang dan jasa yang lebih menarik
e. Pelayanan
yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen
f. Kecepatan,
naik dalam pelayanan maupun dalam penyaluran barang
Bagi
usaha baru sangat cocok untuk menerapkan strategi “market driven"
berdasarkan enam pondasi:
a. Orientasi
konsumen
b. Kualitas
c. Kenyamanan
dan kesenangan
d. Inovasi
e. Kecepatan
f. Pelayanan,
dan
g. Kepuasan
pelanggan
2. Produk
(product)
a. Tahap
pengembangan
Aturan-aturan yang perlu
dipertimbangkan dalam pengembangan produk, yaitu sebagai berikut ini.
1) Simplicity
(sederhana)
Mudah dikenal dan digunakan oleh
konsumen, seperti alat-alat otomatis.
2) Integrity
(integritas)
Desain produk harus baik dari sejak
awal sampai akhir pakai.
3) Human
focus (fokuskan pada orangnya)
Memperhatikan peranan
kompletementer pemakai akhir untuk mendesain integritas.
4) Sinergy
(berdaya juang)
Desain produk yang baik memerlukan
kombinasi antara pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan dari suatu team
professional.
5) Creativity
(kreativitas)
Keberhasilan produk sangat
bergantung pada keahlian kreatif dari banyak orang.
6) Risk
(risiko)
b. Tahap
pengenalan
Pada tahap ini produk baru
diperkenalkan kepada konsumen potensiai. Untuk memperkenalkan produk baru ini,
promosi dan periklanan harus Iebih gencar agar produk ini dikenal oleh konsumen
terutama konsumen potensial.
c. Tahap
pertumbuhan penjualan
Jika barang baru ini gagai menembus
konsumen pada tahap perkenalan dan pertumbuhan, barang tidak akan Iaku terjual.
d. Tahap
kematangan
Volume penjualan terus meningkat
dan profit margin mencapai puncaknya, tetapi kemudian menurun karena masuknya
pesaing baru ke pasar.
e. Tahap
kejenuhan
Pada tahap ini penjualan mencapai
puncaknya dan konsumen mulaijenuh terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu,
pada tahap ini inilah inovasi produk harus dimulai.
f. Tahap
penurunan
Tahap ini merupakan Iingkaran akhir
daur hidup produk. Hasil penjualan produk secara terus menerus mulai menurun,
produk-produk Iama mulai diobral dan cuci gudang, otomatis profit margin juga
turun drastis.
3. Tempat
(place)
Tempat
yang menarik bagi konsumen adalah tempat yang paling strategis, menyenangkan
dan efisien, dengan jalan:
a. Perbanyak
saluran distribusi
b. Tata
letak usahanya, misal tata etalase dan posisinya
c. Gunakan
cara penyampaiannya barang seefisiensi mungkin
d. Mengubah-ubah
persediaan dari gudang yang satu ke gudang / tempat yang lain.
4. Harga
(price)
Beberapa
cara yang dapat dilakukan untuk memberikan harga yang menarik bagi konsumen,
yaitu sebagai berikut.
a. Menentukan
harga dasar dan harga jual barang yang berbeda-beda.
Hal yang perlu diperhatikan dalam
menetapkan harga, yaitu
1) Biaya
penjualan dan biaya barang
2) Harga
yang dimiliki pesaing
3) Elastisitas
permintaan barang
b. Memberikan
potongan harga yang bervariasi, misalnya:
1) Potongan
penjualan tunai
2) Potongan
penjualan dengan pembelian tunai
3) System
diskon / hadiah
c. Memberikan
keringanan waktu pembayaran, dengan 3 cara:
1) Pembayaran
di muka
2) Pembayaran
di belakang
3) Pembayaran
kredit / dicicil
5. Strategi
pemasaran: Bagi usaha baru
·
Penetrasi pasar adalah
strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang-barang dan
jasa-jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha-usaha penjualan dan
penjualan.
·
Strategi pengembangan
pasar
Mencoba meningkatkan penjualan
dengan memperkenalkan produk barang dan jasa
yang ada pada pasar baru.
·
Strategi pengembangan
produk
Mencoba meningkatkan penjualan
dengan memperkenalkan produk dan jasa baru pada pasar yang sudah ada.
·
Segmentasi pasar
Merupakan strategi pemasaran yang sangat
terkenal bagi usaha yang baru.
Komentar
Posting Komentar