Bussiness Model Canvas (BMC)
A. Bussiness Model
Businnes model menurut Alexander Osterwalder merupakan gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada/sebuah rancangan bisnis dengan memikirkan bagaimana perusahaan akan mendapat keuntungan atau pendapatan dengan memperhitungkan semua komponen bisnis. Pengertian sederhananya adalah bagaimana perusahaan akan menghasilkan uang.
B. Business Model Canvas (BMC)
Pada tahun 2008,
Alexander Osterwalder menciptakan sebuah canvas untuk business model yang dikenal
dengan Lean Canvas. Dalam sebuah buku yang berjudul ˮBusiness Model Generationˮ
beliau mencoba menjelaskan sebuah freamwork sederhana untuk mempresentasikan
elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Jadi, Business
Model Canvas merupakan suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang
perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk,
infrastruktur, pelanggan, dan keuangan. Business Model Canvas menjadi salah
satu strategi manajemen yang populer di kalangan bisnis dan sering dipelajari
di Universitas.
C. Tujuan Business Canvas Model (BMC)
Business Canvas
Model (BMC) berfungsi untuk menterjemahkan konsep, infrastruktur, konsumen, dan
keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual. Dalam konsep ini
terdapat juga manfaat dalam menjalankan bisnis tersebut, yaitu :
1.
Lebih cepat
2.
Membuat diskusi
bisnis lebih terstruktur
3.
Dapat mengetahui
nilai proporsi
ˮModel Business Canvas
Boba Saranghaeˮ
Key partners: - Pemilik
toko boba - Pemasaran toko (mall, cafe, restoran) |
Key activities: - Membeli bahan-bahan di toko bahan kue - Menambahkan boba menjadi minuman kekinian dengan berbagai rasa |
Value
propositions: -Boba merupakan minuman kekinian berbahan dasar tepung tapioka
untuk sebagai toping salah satu minuman. Yang paling terkenal adalah boba
milk brown sugar. Selain varian ini banyak yang berlomba-lomba menciptakan
minuman dengan berbahan dasar boba dan ada juga yang menciptakan
dengan makanan yang ditambah dengan topping ini - Boba ini sangat cocok untuk teman santai saat kita beraktifitas,
gabut, ataupun saat kita ngobrol di cafe, mall, dsb |
Customer
Relationship: -Selalu memberikan effort yang terbaik dalam setiap penyajian
kepada pelanggan, baik dari segi rasa boba maupun kualitas untuk kepuasan
pelanggan. -kami akan memberikan potongan
harga dan promo untuk pembelian 2 item produk apa saja |
Costomer Segments: -Produk ini bisa dikonsumsi oleh
anak-anak,orang dewasa dan orang tua -Pecinta minuman kekinian -Restoran dan cafe |
|
Key
resources: -Lahan tempat berjualan -alat pengolahan standar makanan |
Channels: -Kami juga menjual produk kami di berbagai media sosial seperti Instagram dengan caption dan poster yang menarik sehingga menarik perhatian pelanggan - Mall, cafe, restoran - Ecommerce |
||||
Cost
structure: Biaya
yang dikeluarkan oleh produk ˮBoba Saranghaeˮ yaitu biaya produksi yang
terdiri dari pembelian tepung, minuman rasa, kemasan minuman dan biaya
transportasi |
Revenue
streams: -Pengeluaran dari produk ini akan
kembali pendapatannya dari biaya pembelian dari konsumen -Bisnis ini akan lebih mudak
terjual dengan mempromosikan lewat media sosial |
||||
Komentar
Posting Komentar