Marketing Insight - Apa dan Bagaimana

 

Hay guys, kembali lagi ke dalam blog saya…. J

Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Marketing Insight / wawasan pasar. Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang Insight itu apa? Market Insight ? tujuan dilakukannya Market Insight dan banyak lagi yang akan saya bahas dalam blog ini….

Menurut Diana Fajarwati, Insight adalah sebuah pemahaman pasar yang jelas, dalam, dan terkadang tiba-tiba (seperti aha) dalam memahami situasi atau masalah yang rumit. Sedangkan Market Insight adalah sebuah pemahaman pasar yang jelas, dalam, dan terkadang tiba-tiba. Tujuan dari market insigh/wawasan dalam pemasaran - terutama ketika pemasaran yang sebelumnya tidak digunakan atau inovasi yang tidak diketahui - adalah untuk menguntungkan kedua belah pihak, memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target Anda sekaligus mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, wawasan pasar terbaik menawarkan nilai bagi penjual dan perusahaan yang membutuhkan inovasi. Strategi Marketing Insight adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara meluas kepada masyarakat. Di bawah ini akan dibahas cara pemasaran produk terbaik yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda menggunakan Marketing Insight, yaitu :

·         Ketahui target pasar

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses. 

·         Menggunakan social media

Kita semua pasti setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya.  Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi. Social media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual. Dalam pemasaran media sosial, Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer. Banyak orang yang menggunakan influencer di sosial media untuk mempromosikan produknya. Biarkan pengikut mereka mengetahui produk Anda melalui influencer.

·         Menawarkan produk secara gratis

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.  Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut. 

·         Memilih tempat strategis

Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi. Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.

·         Memberi insentif untuk rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen. Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir semua produk.

·         Menjalin hubungan baik dengan konsumen

Konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan. Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

Sama pentingnya dengan memahami definisi Marketing Insight/wawasan pasar adalah mengetahui nilai yang ingin Anda peroleh darinya. Wawasan yang benar sangat penting untuk inovasi dengan sedikit waktu sebelumnya di pasar. Marketing Insight/wawasan pasar utama dapat digunakkan untuk :

·         Menemukan sumber pendapatan baru

·         Memastikan perpesanan menjangkau pelanggan yang tepat untuk yang disesuaikan

·         Mengembangkan kampanye pemasaran dan strategi penetapan harga

·         Mengukur kinerja saat ini terhadap potensi pasar

·         Memantau kesadaran merek dan sentimen pelanggan

·         Pelajari bagaimana target pasar Anda benar-benar menggunakan inovasi Anda setiap hari, serta proses berpikir mereka selama proses pembelian

·         Pahami apa yang menarik bisnis untuk membeli dari pesaing Anda

·         Memanfaatkan pola atau perilaku pembelian sebelumnya untuk menawarkan interaksi yang disesuaikan atau memprediksi tindakan di masa depan.

Setelah Anda mengetahui kecerdasan pasar spesifik apa yang dibutuhkan inovasi Anda untuk berhasil, Anda dapat membuat proses berulang di mana Anda dapat mengumpulkan wawasan pasar yang spesifik tersebut. Selain dari Marketing Insight ada juga Cunsomer Insight. Disini saya akan menjelaskan sediki tentang apa itu Cunsomer Insight adalah sebuah proses mencari tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.

Kesimpulan yang saya ambil yaitu Marketing Insight adalah penemuan realistis yang relevan, dapat ditindaklanjuti dan sebelumnya tidak terealisasi tentang pasar sasaran sebagai hasil dari analisis data subjektif yang mendalam. Dalam sebuah kasus akan dapat menguntungkan kedua belah pihak, memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target Anda sekaligus mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, wawasan pasar terbaik menawarkan nilai bagi penjual dan perusahaan yang membutuhkan inovasi. Sekian yang sudah membaca blog saya, bila ada kata yang tidak tersampaikan dengan baik dan masih banyak salah-salah kata dalam penyampaiannya mohon dimaafkann… sekiannn salam penulis J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

Bussiness Model Canvas (BMC)