Marketing Insight - Apa dan Bagaimana
Hay guys, kembali lagi ke dalam blog saya…. J
Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Marketing
Insight / wawasan pasar. Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang Insight itu
apa? Market Insight ? tujuan dilakukannya Market Insight dan banyak lagi yang
akan saya bahas dalam blog ini….
Menurut Diana Fajarwati, Insight adalah sebuah
pemahaman pasar yang jelas, dalam, dan terkadang tiba-tiba (seperti aha) dalam
memahami situasi atau masalah yang rumit. Sedangkan Market Insight adalah
sebuah pemahaman pasar yang jelas, dalam, dan terkadang tiba-tiba. Tujuan dari market insigh/wawasan dalam pemasaran
- terutama ketika pemasaran yang sebelumnya tidak digunakan atau inovasi yang
tidak diketahui - adalah untuk menguntungkan kedua belah pihak, memenuhi
kebutuhan dan keinginan audiens target Anda sekaligus mendapatkan keuntungan. Dengan
kata lain, wawasan
pasar terbaik menawarkan nilai bagi penjual dan perusahaan
yang membutuhkan inovasi. Strategi Marketing Insight adalah suatu kegiatan yang
harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara meluas kepada masyarakat. Di bawah ini akan dibahas cara pemasaran produk
terbaik yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda menggunakan
Marketing Insight, yaitu :
·
Ketahui target pasar
Langkah pertama yang
dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda.
Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses.
·
Menggunakan social media
Kita semua pasti
setuju, media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua
orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya.
Dengan
media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai
kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang
tinggi. Social
media juga memungkinkan perusahaan untuk memilih komunitas yang
sesuai untuk memasarkan produk mereka sehingga apa yang ditawarkan memiliki
peluang besar untuk terjual. Dalam pemasaran media sosial, Anda juga dapat
berkolaborasi dengan influencer. Banyak
orang yang menggunakan influencer di
sosial media untuk mempromosikan produknya. Biarkan pengikut mereka mengetahui
produk Anda melalui influencer.
·
Menawarkan produk
secara gratis
Cara ini dianggap
sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat
sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap
perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka
belum pernah mencoba tentang produk tersebut.
·
Memilih tempat strategis
Tempat strategis
masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut
dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk
Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan
yang tinggi. Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan
target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.
·
Memberi insentif untuk
rekomendasi
Sebuah produk akan
terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk
mendapat sebuah rekomendasi atau testimoni dari konsumen yang telah memakai
produk tersebut, Anda harus memberi penghargaan berupa insentif yang menarik.
Dengan adanya insentif ini secara tidak langsung perusahaan memenangkan dua
pihak untuk sasaran marketing, yaitu konsumen yang loyal dan calon konsumen.
Rekomendasi produk kini menjadi strategi pasar yang digunakan hampir
semua produk.
·
Menjalin hubungan baik
dengan konsumen
Konsumen yang loyal
adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk
Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan
sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya
Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan
dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung
atas pembelian yang mereka lakukan. Hal ini cukup efektif menjadi cara
pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas
pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.
Sama pentingnya dengan memahami definisi Marketing
Insight/wawasan pasar adalah mengetahui nilai yang ingin Anda peroleh darinya.
Wawasan yang benar sangat penting untuk inovasi dengan sedikit waktu sebelumnya di pasar. Marketing
Insight/wawasan pasar utama dapat digunakkan untuk :
·
Menemukan sumber pendapatan
baru
·
Memastikan perpesanan
menjangkau pelanggan yang tepat untuk yang disesuaikan
·
Mengembangkan kampanye
pemasaran dan strategi penetapan harga
·
Mengukur kinerja saat ini
terhadap potensi pasar
·
Memantau kesadaran merek dan sentimen
pelanggan
·
Pelajari bagaimana target
pasar Anda benar-benar menggunakan inovasi Anda setiap hari, serta proses
berpikir mereka selama proses pembelian
·
Pahami apa yang menarik
bisnis untuk membeli dari pesaing Anda
·
Memanfaatkan pola atau
perilaku pembelian sebelumnya untuk menawarkan interaksi yang disesuaikan atau
memprediksi tindakan di masa depan.
Setelah Anda mengetahui kecerdasan
pasar spesifik apa yang dibutuhkan inovasi Anda untuk
berhasil, Anda dapat membuat proses berulang di mana Anda dapat mengumpulkan
wawasan pasar yang spesifik tersebut. Selain dari Marketing
Insight ada juga Cunsomer Insight. Disini saya akan menjelaskan sediki tentang
apa itu Cunsomer Insight adalah sebuah proses mencari
tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan
perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi
iklannya.
Kesimpulan yang saya ambil yaitu Marketing Insight
adalah penemuan realistis yang relevan, dapat ditindaklanjuti dan sebelumnya
tidak terealisasi tentang pasar sasaran sebagai hasil dari analisis data
subjektif yang mendalam. Dalam sebuah kasus akan dapat menguntungkan kedua
belah pihak, memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target Anda sekaligus
mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain, wawasan pasar terbaik menawarkan
nilai bagi penjual dan perusahaan yang membutuhkan inovasi. Sekian yang sudah
membaca blog saya, bila ada kata yang tidak tersampaikan dengan baik dan masih
banyak salah-salah kata dalam penyampaiannya mohon dimaafkann… sekiannn salam
penulis J
Komentar
Posting Komentar