Digital Marketing

 Olla gaess welcome back again… J

Kembali lagi nih ges di blog gw, blog kewirausahaan yang ditujukkan untuk memenuhi tugas perkuliahan kwh. Kali ini gw akan membahas tentang apa itu Digital Marketing? Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari Digital Marketing tersebut? Apa saja keunggulan dari Digital Marketing di era zaman sekarang dan bagaimana perbandingannya pada era Konvensional Marketing?. Itu dia pemaparan yang akan kita bahas semoga kalian para pembaca akan mengetahui lebih dalam lagi tentang Digital Marketing. Check this out!!!....

Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen. Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi. Pada dekade 1980-an, perusahaan teknologi IBM meluncurkan komputer personal pertama di dunia. Walaupun kapasitasnya masih sangat sederhana, kemunculan personal komputer menjadi lompatan besar bagi dunia teknologi di periode selanjutnya. Memasuki 1990, istilah digital marketing diperkenalkan untuk pertama kalinya di hadapan publik, disusul dengan diciptakannya World Wide Web (WWW) pada 1991. Kemunculan World Wide Web ternyata mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Hasilnya, dua tahun kemudian sebuah iklan online berhasil dibuat. Apabila banner iklan tersebut di-klik, kita akan langsung menuju laman promosi suatu produk. Tahun 1994, Yahoo! meluncurkan e-commerce pertama bagi 16 juta pengguna internet. Hal tersebut menjadikan Yahoo! sebagai raksasa bisnis pada masa itu. Empat tahun kemudian, mesin pencari Google, tepatnya 15 September 1997, lahir di tengah dominasi Yahoo! yang menguasai dunia internet. Baru pada akhir dekade 90-an, sebuah perusahaan software berbasis awan salesforce.com menjalankan konsep Software-as-a-Service (SaaS) yang memproduksi software sebagai penyedia layanan bagi para penggunanya. Periode 90-an menjadikan tahun-tahun terpenting dalam perkembangan dunia internet yang berpengaruh terhadap metode pemasaran. Dunia digital berkembang pesat di era 2000-an, di mana seperti yang kita ketahui muncul banyak layanan digital seperti Facebook, Amazon, Youtube yang bersamaan dengan tren teknologi terbaru. Nah ges, gimana nih sudah cukup jelas belum dengan pemaparan apa sih digital marketing… tenang ges topic selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan antara digital marketing dengan tradisional marketing (konvensional marketing)..

Perbedaan utama antara digital marketing dan tradisional marketing adalah beragam media yang digunakan dan penjangkaun segmentasi pelanggan yang lebih terarah. Disatu sisi, pemasaran tradisional menggunakan media tradisional seperti majalah dan surat kabar, pemasaran digital menggunakan media digital, seperti media sosial atau situs web. Tentu saja pemasaran tradisional tidak berarti kuno. Pemasaran tradisional masih memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang yang tidak terus-terusan di dunia digital. Dengan cara yang sama, pemasaran digital juga sama pentingnya dengan tradisional, bahkan lebih penting lagi. Pemasaran digital menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk terus berhubungan dengan Anda. Mayoritas orang menggunakan internet selama beberapa jam setiap hari adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Digital marketing hanya menggunakan internet yang memiliki keuntungan untuk menjalin komunikasi pemasaran ke setiap saluran digital. Kunci dari kampanye pemasaran yang hebat adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara tradisional dan digital. Pada 2020, digital marketing adalah penyeimbang untuk pemasaran tradisional. Keduanya memainkan peranan penting dalam strategi pemasaran, tetapi akan menjadi hebat bila digunakan secara bersamaan. Dengan demikian kita mengambil kesimpulan bahwa, antara tradisional marketing dengan digital marketing sama fungsinya yaitu sama-sama dibutuhkan didunia bisnis ya gesss walaupun yang membedakan adalah keterbukaannya (seperti, digital marketing sangat menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk terus berhubungan dengan Anda). semua strategi pemasaran digital bekerja sama untuk menghasilkan sebanyak mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis tersebut. Bebearapa strategi pemasaran digital pada umumnya;

·         Search Engine Optimization (SEO)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

·         Search Engine Marketing (SEM)

Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya.

·         Blog/Website Marketing

Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan suatu bisnis. Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).

·         Content Marketing

Pemasaran konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk menarik minat pada bisnis yang ditawarkan.

·         Sosial Media Marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.

·         Email Marketing

Pemasaran melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk berlangganan. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.

·         Banner Marketing

Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.

·         Mobile Marketing

Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.

·         Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.

·         Viral Marketing

Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral.

Selanjutnya saya akan menjelaskan, manfaat menggunakan digital marketing di era perkembangan yang semakin pesat. Nah, keuntungan utama menggunakan digital marketing adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan digital marketing lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong untuk penjualan online. Adapun manfaat dari digital marketing meliputi:

·         Jangkauan skala global

·         Biaya lebih rendah

·         Personalisasi

·         Keterbukaan

·         Mata uang social

·         Peningkatan tingkat konversi

Digital marketing menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya untuk membuat suatu bisnis dapat dikenal oleh para pelanggannya, baik secara lokal maupun internasional. Hal tersebut adalah sarana periklanan yang dilakukan melalui platform digital seperti media sosial, email, aplikasi seluler, situs web, dan mesin pencari. Dalam dunia digital saat ini, pemasaran adalah persoalan mengenai hubungan dengan calon pelanggan di tempat yang tepat dan pada waktu yang diinginkan, menjual barang dan layanan yang mereka butuhkan pada waktu yang tepat. Artinya, Anda perlu menargetkan tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktunya dan dalam hal ini, yakni internet. Berikut sejumlah tips yang dapat digunakan untuk digital marketing;

1.      Gabungkan SEO dan Content Marketing

2.      Lebih banyak konten

3.      Konten berharga

4.      Konten asli

5.      Konten yang sesuai

6.      Mempunyai Visibilitas di Platform Media Sosial yang Relavan

7.      Optimalkan Situs Web untuk Penelusuran yang Memprioritaskan Selular

8.      Gunakan Alat Bantu yang Tepat

9.      Buat Desain Terbaik

10.  Buat Daftar Email

11.  Belanjakan untuk Iklan Digital

12.  Gunakan Infografis

13.  Perhatikan Analytics Anda dengan seksama

14.  Mengintegrasikan Strategi dan Kampanye Iklan Lintas Saluran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pitch Deck

Bussiness Model Canvas (BMC)

Marketing Insight - Apa dan Bagaimana