Digital Marketing
Olla gaess welcome back again… J
Kembali lagi nih
ges di blog gw, blog kewirausahaan yang ditujukkan untuk memenuhi tugas
perkuliahan kwh. Kali ini gw akan membahas tentang apa itu Digital Marketing?
Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari Digital Marketing tersebut? Apa saja
keunggulan dari Digital Marketing di era zaman sekarang dan bagaimana
perbandingannya pada era Konvensional Marketing?. Itu dia pemaparan yang akan
kita bahas semoga kalian para pembaca akan mengetahui lebih dalam lagi tentang
Digital Marketing. Check this out!!!....
Secara umum,
digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan
ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian
digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan
dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website,
e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan
pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan
konsumen. Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah
penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode
pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari
perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi. Pada dekade 1980-an,
perusahaan teknologi IBM meluncurkan komputer personal pertama di dunia.
Walaupun kapasitasnya masih sangat sederhana, kemunculan personal komputer
menjadi lompatan besar bagi dunia teknologi di periode selanjutnya. Memasuki
1990, istilah digital marketing diperkenalkan untuk pertama kalinya di hadapan
publik, disusul dengan diciptakannya World Wide Web (WWW) pada 1991. Kemunculan
World Wide Web ternyata mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat.
Hasilnya, dua tahun kemudian sebuah iklan online berhasil dibuat. Apabila
banner iklan tersebut di-klik, kita akan langsung menuju laman promosi suatu
produk. Tahun 1994, Yahoo! meluncurkan e-commerce pertama bagi 16 juta pengguna
internet. Hal tersebut menjadikan Yahoo! sebagai raksasa bisnis pada masa itu.
Empat tahun kemudian, mesin pencari Google, tepatnya 15 September 1997, lahir
di tengah dominasi Yahoo! yang menguasai dunia internet. Baru pada akhir dekade
90-an, sebuah perusahaan software berbasis awan salesforce.com menjalankan
konsep Software-as-a-Service (SaaS) yang memproduksi software sebagai penyedia
layanan bagi para penggunanya. Periode 90-an menjadikan tahun-tahun terpenting
dalam perkembangan dunia internet yang berpengaruh terhadap metode pemasaran.
Dunia digital berkembang pesat di era 2000-an, di mana seperti yang kita
ketahui muncul banyak layanan digital seperti Facebook, Amazon, Youtube yang
bersamaan dengan tren teknologi terbaru. Nah ges, gimana nih sudah cukup jelas
belum dengan pemaparan apa sih digital marketing… tenang ges topic selanjutnya
saya akan membahas tentang perbedaan antara digital marketing dengan
tradisional marketing (konvensional marketing)..
Perbedaan utama
antara digital marketing dan tradisional marketing adalah beragam media yang
digunakan dan penjangkaun segmentasi pelanggan yang lebih terarah. Disatu sisi,
pemasaran tradisional menggunakan media tradisional seperti majalah dan surat
kabar, pemasaran digital menggunakan media digital, seperti media sosial atau
situs web. Tentu saja pemasaran tradisional tidak berarti kuno. Pemasaran
tradisional masih memainkan peran penting dalam kehidupan orang-orang yang
tidak terus-terusan di dunia digital. Dengan cara yang sama, pemasaran digital
juga sama pentingnya dengan tradisional, bahkan lebih penting lagi. Pemasaran
digital menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk
terus berhubungan dengan Anda. Mayoritas orang menggunakan internet selama
beberapa jam setiap hari adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Digital
marketing hanya menggunakan internet yang memiliki keuntungan untuk menjalin
komunikasi pemasaran ke setiap saluran digital. Kunci dari kampanye pemasaran
yang hebat adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara tradisional dan
digital. Pada 2020, digital marketing adalah penyeimbang untuk pemasaran
tradisional. Keduanya memainkan peranan penting dalam strategi pemasaran,
tetapi akan menjadi hebat bila digunakan secara bersamaan. Dengan demikian kita
mengambil kesimpulan bahwa, antara tradisional marketing dengan digital
marketing sama fungsinya yaitu sama-sama dibutuhkan didunia bisnis ya gesss
walaupun yang membedakan adalah keterbukaannya (seperti, digital marketing
sangat menggunakan setiap titik sentuh dari penggunaan internet harian untuk
terus berhubungan dengan Anda). semua strategi pemasaran digital bekerja sama
untuk menghasilkan sebanyak mungkin trafik, menciptakan kesadaran brand, dan
mengubah prospek menjadi pelanggan setia untuk bisnis tersebut. Bebearapa
strategi pemasaran digital pada umumnya;
·
Search Engine
Optimization (SEO)
SEO
yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin
pencari adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk
menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine
Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan. Tujuan utama
melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan
keyword yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah
semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search
engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di
search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung
ke website atau blog tersebut.
·
Search Engine Marketing
(SEM)
Sama
seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau
blog pada halaman utama Search Engine Result Page. Pengguna SEM umumnya identik
dengan penawaran produk. Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine
adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual. Yang
membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran
internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya.
·
Blog/Website Marketing
Blogging
marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk
meningkatkan visibilitas suatu bisnis. Blog marketing adalah saluran pemasaran
(seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu
mendukung pertumbuhan suatu bisnis. Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat
membantu dalam mengendalikan trafik suatu situs web, membantu membangun
otoritas bagi produk (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi
pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman
mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).
·
Content Marketing
Pemasaran
konten adalah tempat yang sangat berharga di dunia pemasaran digital. Apapun
strategi pemasaran online yang di gunakan, tanpa content marketing, tidak akan
dapat membangun basis pelanggan, merek, dan melibatkan target audiens untuk
menarik minat pada bisnis yang ditawarkan.
·
Sosial Media Marketing
Sosial
media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media
sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga
calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini,
pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain
itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar
pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.
·
Email Marketing
Pemasaran
melalui email mungkin bukan sumber utama untuk menghasilkan prospek baru ke
bisnis, tetapi cara ini lebih sering digunakan sebagai bentuk komunikasi dengan
pelanggan yang menyukai layanan atau produk dan telah memilih untuk
berlangganan. Peluang untuk berhasil membuat pelanggan setia yang terus kembali
untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, meningkat melalui pemasaran
email. Sebagian besar bisnis menggunakan pemasaran email untuk mengirim buletin
mingguan, penawaran promosi, dan pembaruan tentang produk dan layanan mereka.
·
Banner Marketing
Banner
marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan
spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web,
kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang
memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping
halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.
·
Mobile Marketing
Mobile
marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam
menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini
dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, yang di optimalkan
untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.
·
Affiliate Marketing
Affiliate
marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer
(biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs
web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs
web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan
bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antar pengguna.
·
Viral Marketing
Viral
marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang
beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar
atau menjadi viral.
Selanjutnya saya
akan menjelaskan, manfaat menggunakan digital marketing di era perkembangan
yang semakin pesat. Nah, keuntungan utama menggunakan digital marketing adalah
bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan
terukur. Keuntungan digital marketing lainnya termasuk meningkatkan loyalitas
merek dan mendorong untuk penjualan online. Adapun manfaat dari digital
marketing meliputi:
·
Jangkauan skala global
·
Biaya lebih rendah
·
Personalisasi
·
Keterbukaan
·
Mata uang social
·
Peningkatan tingkat
konversi
Digital
marketing menggunakan internet dan perangkat elektronik lainnya untuk membuat
suatu bisnis dapat dikenal oleh para pelanggannya, baik secara lokal maupun
internasional. Hal tersebut adalah sarana periklanan yang dilakukan melalui
platform digital seperti media sosial, email, aplikasi seluler, situs web, dan
mesin pencari. Dalam dunia digital saat ini, pemasaran adalah persoalan
mengenai hubungan dengan calon pelanggan di tempat yang tepat dan pada waktu
yang diinginkan, menjual barang dan layanan yang mereka butuhkan pada waktu
yang tepat. Artinya, Anda perlu menargetkan tempat mereka menghabiskan sebagian
besar waktunya dan dalam hal ini, yakni internet. Berikut sejumlah tips yang
dapat digunakan untuk digital marketing;
1. Gabungkan
SEO dan Content Marketing
2. Lebih
banyak konten
3. Konten
berharga
4. Konten
asli
5. Konten
yang sesuai
6. Mempunyai
Visibilitas di Platform Media Sosial yang Relavan
7. Optimalkan
Situs Web untuk Penelusuran yang Memprioritaskan Selular
8. Gunakan
Alat Bantu yang Tepat
9. Buat
Desain Terbaik
10. Buat
Daftar Email
11. Belanjakan
untuk Iklan Digital
12. Gunakan
Infografis
13. Perhatikan
Analytics Anda dengan seksama
14. Mengintegrasikan
Strategi dan Kampanye Iklan Lintas Saluran
Komentar
Posting Komentar